Carlos Slim Helu, Orang Terkaya di Dunia; Kalahkan Bill Gates

(Vibiznews - Business) - Situs bisnis terkemuka dunia, Forbes pada hari ini (11/3) merilis 20 orang terkaya dunia pada tahun ini. Dari 20 orang terkaya tersebut diisi oleh pengusaha-pengusaha yang terjun di berbagai sekto ekonomi. Dari segi jumlah kekayaan yang dimilikinya, ke-20 pengusaha tersebut mayoritas mengalami peningkatan kekayaan disaat perekonomian global sedang mengalami proses pemulihan ekonomi.

Carlos Slim Helu Salip Bill Gates

Di urutan pertama sebagai orang terkaya di dunia ditempati oleh Carlos Slim Helu, pengusaha berumur 70 tahun ini merupakan CEO dari perusahaan telekomunikasi Telecom yang berpusat di Mexico City, Meksiko. Rekam jejak Carlos sebagai orang terkaya sebenarnya telah berlangsung sejak lama. Bahkan tahun lalu dirinya bercokol di urutan ketiga sebagai orang terkaya versi Forbes. Sedangkan pada tahun ini ia berhasil menyalip posisi pertama yang tahun lalu ditempati oleh milyarder dunia, Bill Gates. Kekayaannya yang disinyalir oleh Forbes sebesar 53,5 miliar dollar.

Kiprah Carlos di Telecom bukan hanya sebaga CEO saja namun juga menjadi salah pendiri sejak tahun 1990 dan sampai dengan saat ini Telecom telah menjelma sebagai perusahaan telekomunikasi terbesar di kawasan Amerika Latin. Selain bergerak di sektor telekomunikasi, perusahaan ini juga memiliki anak perusahaan yang bernama Impulsora del Desarrollo y el Empleo, perusahaan yang bergerak di sektor konstruksi dan infrastruktur. Carlos juga dikenal sebagai philanthropist tersohor yang baru-baru ini telah menyumbangkan dana bantuan kepada Eli Broad sebesar 65 juta dollar untuk ditujukan kepada proyek riset pengobatan genetis.

Diurutan kedua sebagai orang terkaya didunia ditempati oleh mantan jawara tahun lalu yaitu, William "Bill" Gates. Meski mengalami peningkatan kekayaan menjadi 53 miliar dollar namun posisinya telah merosot ke nomor dua. Meski mengalami penurunan posisi, CEO Microsoft ini telah berhasil memperluas kerajaan bisnisnya dengan memiliki mayoritas saham dari beberapa perusahaan seperti Four Seasons Hotel, Televisa dan Auto Nation. Ia juga masih aktif sebagai philanthropy di organisasi amal miliknya yaitu Bill & Melinda Gates.

Sedangkan diurutan ketiga ditempati investor ulung yang bernama Warren Buffett. Jumlah kekayaan yang dimiliki oleh Buffett mencapai 47 miliar dollar. Diumurnya yang telah mencapai 79 tahun, dalam 1 tahun terakhir ia tercatat telah menginvestasikan modalnya mencapai lebih dari 10 miliar dollar, salah satunya dengan membeli 5 miliar dollar saham Goldman Sachs dan 3 miliar dollar saham General Electric. Sedangkan perusahaan miliknya yaitu Berkshire Hathaway juga turut mengalami kenaikan profit dengan mencetak keuntungan mencapai 21,8 miliar dollar sepanjang tahun lalu.

Duo Pengusaha India Masuk 5 Besar

Ada hal yang sangat menarik dalam mencermati urutan 10 besar ialah terdapatnya 2 pengusaha asal India yang masuk 5 besar. Kedua pengusaha tersebut ialah Mukesh Ambani diurutan ke empat dan Lakshmi Mittal di peringkat lima. Dengan semakin berkembangnya perusahaan yang dipimpin oleh dua pengusaha maka tidak mengherankan bahwa status kedua orang tersebut patut dibilang sebagai milyarder dunia.

Mukesh Ambani, pengusaha berumur 52 tahun ini merupakan CEO Reliance Industries, perusahaan tambang kebanggan India yang telah berekspansi ke beberapa negara termasuk akhir-akhir ini ke wilayah Kanada. Total profit yang dihasilkan perusahaan tersebut pada tahun 2009 lalu tercatat mencapai 2 miliar dollar. Setali tiga uang, kekayaan Ambani pun naik ke menjadi 29 miliar dollar.

Hal yang sama juga dialami oleh Lakshmi Mittal, CEO ArcelorMittal perusahaan logam ternama dunia. Total kekayaan yang dimiliki oleh Mittal tercatat sebesar 28,7 miliar dollar. Perjalanan perusahaannya dalam satu tahun terakhir sebenarnya kurang begitu baik. Proses pemulihan ekonomi global berimbas kepada turunnya permintaan akan logam sehingga membuat pendapatan perusahaannya mengalami penurunan sebesar 12%.

sumber : http://vibiznews.com/business.php?id=554&sub=business

No response to “Carlos Slim Helu, Orang Terkaya di Dunia; Kalahkan Bill Gates”

Posting Komentar