WINDS – Ketika Mengakses Internet “Secepat” Angin

WINDS (Credit: JAXA)

Bisa jadi ini adalah berita yang cukup baik bagi Indonesia. Apalagi bagi para onliners yang mayoritas waktu dalam hidupnya dihabiskan berjalan-jalan di dunia maya. Institut Teknologi Sepuluh November (ITS) Surabaya bersama tiga universitas asal Jepang sedang melakukan pengembangan satelit generasi baru bernama WINDS (Wideband InterNetworking engineering test and Demonstration Satellite) yang memungkinkan koneksi internet berkecepatan maksimal.

WINDS yang dikembangkan bersama-sama dengan JAXA (lembaga antariksa Jepang) dan National Institute of Information and Communications Technology (NICT) disebut-sebut menggunakan teknologi mutakhir Ka-Band (sistem yang bekerja pada frekuensi tinggi) yang memiliki panjang gelombang pendek. Dengan spesifikasi tersebut, WINDS dianggap mampu menyediakan koneksi internet berkecepatan tinggi yang mencapai maksimum 155 Mbps untuk penerimaan dan 6 Mbps untuk pengiriman dengan ukuran antena penerima 45 cm (sama dengan ukuran sekarang). Sedangkan untuk antena ukuran 5 meter, kecepatan yang bisa dicapai WINDS diklaim sebesar 1.2 Gbps. Selain berkecepatan tinggi, satelit WINDS ini juga memiliki daya jangkau yang cukup luas, dapat merambah daerah yang tidak terjangkau oleh jaringan kabel (teresteria).

Kecepatan internet yang disediakan WINDS tentu saja cukup menggiurkan. Apalagi bila dibandingkan dengan kecepatan internet yang ada untuk konsumsi pribadi di Indonesia yang saat ini hanya berkisar 384 Kbps dan 2 Mbps saja. Satelit yang memungkinkan adanya pengembangan riset simulasi dengan komputasi tinggi seperti di bidang medik, mesin, kimia, pendidikan, kesehatan, penanganan daerah bencana, dan Intelligent Transport System (ITS) ini masih dalam tahap uji coba.
Selain uji coba teknis yang menyangkut aspek transmisi data lewat satelit, juga dilakukan uji coba aplikasi TV Conference dan aplikasi PACS (Picture Archiving and Communication System).

Semoga saja, proyek WINDS ini bisa segera direalisasikan dan para onliners bisa menikmati akses internet yang menakjubkan

sumber : http://www.indonesiaberprestasi.web.id/2010/03/winds-ketika-mengakses-internet-secepat-angin

No response to “WINDS – Ketika Mengakses Internet “Secepat” Angin”

Posting Komentar