Invitech Merancang 3D bio-printer Pertama Di Dunia, Demi Perbaikan Organ Tubuh Manusia

1__31dec9oub324509

Mencegah lebih baik daripada mengobati. Pepatah tersebut memang sangat cocok bila kita membicarakan tentang kesehatan. Betapa pentingnya kesehatan sehingga harus dijaga oleh setiap individu dengan cara menjaga pola makan dan tetap mengatur porsi rutinitas agar tetap sehat.

Invetech telah merancang sebuah 3D bio-printer yang mana dapat digunakan oleh para peneliti untuk memajukan perbaikan jaringan tubuh manusia dan organ pengganti.

Produksi model pertama dari alat ini telah diusung oleh Organovo yang diharapkan dapat memasok sistem tersebut ke lembaga-lembaga ataupun pusat-pusat penelitian medis di seluruh dunia.

“Para ilmuwan dan insinyur dapat menggunakan bio 3D printer ini untuk mengaktifkan sel-sel dan menempatkan hampir setiap jenis sel menjadi pola yang diinginkan dalam gambaran 3D. Peneliti dapat menempatkan sel-sel hati pada alat tersebut, sel-sel ginjal atau bentuk lapisan yang berdekatan dengan sel epitel dan stroma jaringan lunak yang tumbuh menjadi gigi orang dewasa, “jelas CEO Organovo, Keith Murphy.

“Hasil akhirnya akan digunakan oleh para dokter bedah untuk berbagai penggunaan dan analisa jaringan sel tubuh manusia dan cara terbaik untuk melakukannya adalah mendapatkan sejumlah bio-printer ke tangan peneliti dan memberi mereka kemampuan untuk membuat jaringan tiga dimensi berdasarkan kebutuhannya.”

Menurut Murphy, 3D bio-printer ini memiliki antarmuka yang intuitif yang memungkinkan para insinyur untuk membangun sebuah model dari konstruksi jaringan. Sebelum dimulai, printer membentuk konstruksi fisik organ sel-sel secara otomatis lalu sinar laser akan mencetaknya.

Sistem ini dapat digunakan untuk menganalisa sel manusia serta dapat digunakan untuk hidrogel, perancah serta dukungan matriks.

Nantinya alat ini akan sangat membantu para ilmuan untuk membantu dokter bedah mengobati pasien yang memiliki organ tubuh dalam yang rusak sehingga bisa digunakan lagi nantinya.

sumber :http://www.beritateknologi.com/invitech-merancang-3d-bio-printer-pertama-di-dunia-demi-perbaikan-organ-tubuh-manusia/

No response to “Invitech Merancang 3D bio-printer Pertama Di Dunia, Demi Perbaikan Organ Tubuh Manusia”

Posting Komentar